IKIGAI - The Japanese Secret to a Long Happy Life - Book Review

Oleh : Admin BoksMan

2020-12-11 02:37:41

Buku ini ditulis oleh Hector Garcia dan Francesc Miralles. Dalam artikel ini, Saya akan berbicara tentang pembelajaran Saya dari buku tersebut. Buku ini menyentuh berbagai aspek kehidupan yang dapat membantu kita mencapai umur panjang yang bahagia. Ini didasarkan pada teknik Jepang kuno yang dipraktekkan dengan baik yang disebut - IKIGAI. Referensi buku ini diambil dari kehidupan penduduk sebuah pulau di Jepang bernama - Okinawa dimana ada 24,5 penduduk berusia lebih dari 100 untuk setiap 1,00,000 orang.

Orang-orang Jepang percaya, setiap manusia memiliki Ikigai-nya sendiri-sendiri, yakni alasan kita hidup di dunia ini. Semacam tugas kehidupan yang membuat kita selalu semangat menjalani hidup, apa pun kondisinya. Maka tak heran, menurut WHO, Ikigai telah membuat bangsa Jepang masuk dalam deretan manusia dengan rata-rata harapan hidup tertinggi di dunia dan bahagia. According to me, these are some highlights from this book:

Blue Zone

Once you understand the meaning of the word Ikigai, the book tries to explain the deep art of staying young while growing old. Buku ini memberikan referensi lima Blue Zone di dunia di mana penghuni tempat-tempat ini hidup lebih lama dari rata-rata dan rahasia umur panjang mereka. Lima Blue Zone itu adalah Pulau Sardinia di Italia, Okinawa di Jepang, Loma Linda di California, Semenanjung Nicoya di Kosta Rika, dan Ikaria di Yunani.

Little Stress is Good for You

Buku ini menjelaskan bagaimana stress bisa menambah usia seseorang dan banyak duduk bisa mengurangi durasi hidup orang itu. Hal yang menarik juga menyebutkan bahwa sedikit stres baik untuk kita karena itu membuat kita terus maju dan semakin berusaha dan tertantang untuk fase stress berikutnya.

Discover The Meaning of Your Life

Di bab berikutnya akan membantu kita lebih mendalami menemukan makna hidup kita. Buku ini menyebutkan bahwa rahasia umur panjang adalah tidak perlu khawatir. Jaga agar hati Anda tetap muda, jangan biarkan dia menjadi tua. Bukalah hati Anda pada orang-orang dengan senyum manis di wajah. Perlu di ingat bahwa Ikigai kita berbeda satu sama lain. Namun, satu hal yang sama adalah bahwa kita semua mencari makna hidup masing-masing.

Finding Flow in Everything That You Do

Bagian ini adalah favorit Saya di mana penulis membantu kita menemukan makna berada dalam sebuah flow yang kita sukai. Orang yang paling bahagia bukanlah orang yang paling banyak pencapaiannya, namun orang yang paling bahagia adalah orang yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam flow nya sendiri; dalam keadaan mengalir. Jika kita telah menemukan makna hidup kita, kita perlu membenamkan dan menghidupi flow kita. 

Dengan kata lain, kita melakukan hal-hal yang kita sukai, maka kita sudah berada di flow nya kita. Ada tujuh syarat yang harus kita penuhi agar mencapai kondisi flow:

  1. Mengetahui apa yang harus kita lakukan.
  2. Mencari tahu bagaimana cara melakukannya.
  3. Mengetahui kemampuan yang kita miliki.
  4. Mengetahui jalan atau metode yang harus kita tempuh.
  5. Pahami tantangan yang ada
  6. Pahami keterampilan yang kita butuhkan.
  7. Hilangkan segala gangguan yang dapat mengganggu aktivitas kita.

Practising The Techniques

Bagian terakhir berbicara tentang kumpulan berbagai teknik berbeda yang membantu kita menjaga pikiran dan tubuh kita tetap segar. Beberapa teknik tersebut adalah Meditasi, Yoga, Radio Taiso, Surya Namaskara, Tai Chi, dll. Teknik ini membantu kita untuk mengingat kembali makna hidup kita dan tantangan yang akan dihadapi.

Wabi Sabi

Buku ini diakhiri setelah memperkenalkan Teknik Jepang lain yang disebut - Wabi-Sabi. Teknik ini berbicara tentang menemukan keindahan dalam hal-hal yang tidak sempurna dan tidak lengkap (finding beauty in imperfect). Di sini yang cacat lebih disukai daripada kesempurnaan. Orang Jepang percaya bahwa hanya hal-hal yang tidak sempurna, tidak lengkap, dan hanya sementara yang indah karena menyerupai alam.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, menurut Saya buku ini sangat menginspirasi dan penuh konten menarik seputar hidup, alam, ucapan syukur dan penerimaan diri. Cheers!

Setiap hari saya berkata pada diri sendiri, “Hari ini akan penuh dengan kesehatan dan energy. Hiduplah sebahagia mungkin.” (halaman 129)