#BoksManAsia #BoksTheWorld #UnBoksYourThinking

Angkutan Container

Bukan Hanya Cost Berkurang, Ini Manfaat Tracking Apps Bagi Perusahaan Peti Kemas

BoksMan Asia

by BoksMan Asia 05 May 2022

38
Bukan Hanya Cost Berkurang, Ini Manfaat Tracking Apps Bagi Perusahaan Peti Kemas

Foto: canva.com

 

Jakarta, Boksman - Gempuran teknologi saat ini memaksa dunia bisnis untuk terus berinovasi dalam teknologi. Seperti Hapag-Lloyd, perusahaan aplikasi di Jerman yang berencana memasang Nexxiot dan Orbcomm pada sekitar 95% dry container miliknya pada akhir tahun depan. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi perusahaan peti kemas atau container.

Olaf Habert selaku direktur aplikasi tersebut mengatakan kepada The Loadstar: “Ada dua kelompok pelanggan utama yang tertarik dengan teknologi ini. Perusahaan peti kemas dengan kargo bernilai tinggi seperti chip komputer yang sangat sensitif terhadap keamanan dan perusahaan peti kemas dengan rantai pasokan bervolume tinggi dimana diharapkan aplikasi ini bisa merampingkan operasi mereka.”

 

Baca Juga: Perkembangan Fitur Keselamatan Aktif Pada Truk Ekspedisi di Indonesia

 

Namun, kelompok ketiga bisa saja muncul ketika sistem sudah aktif dan berjalan, tambah Habert. Mereka adalah pelanggan yang menginginkan data akurat tentang kondisi di dalam kontainer tetapi ini berarti pengembangan teknologi lebih lanjut, setelah sistem dibuat.

Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat menerima data secara real time tentang keberadaan barang dan moda transportasi apa pun yang digunakan oleh perusahaan peti kemas. Perangkat pelacak Nexxiot dipasang ke pintu kontainer dimana proses pemasangannya hanya butuh waktu sekitar satu menit, menurut CEO Stefan Kalmund.

Mr Habert mengatakan bahwa Hapag-Lloyd telah menguji sistem pelacakan pada kontainer reefer pada tahun 2019. Pelacak Nexxiot dan Orbcomm sendiri beroperasi menggunakan baterai dengan energi matahari untuk mengisi ulang. Mereka sangat aman dari ledakan dan tahan lama serta bisa beroperasi pada suhu ekstrem selama lebih dari lima tahun, jelas Kalmund. Nexxiot dipercaya bisa digunakan setidaknya selama delapan tahun.

Saat berada dalam jangkauan, pelacak akan mengirim data melalui jaringan smartphone dan dapat bisa menghubungkan perangkat sensor lain melalui Bluetooth untuk mengumpulkan informasi penting seperti suhu dan kelembapan, jika diperlukan oleh pelanggan.

Selain data lokasi berbasis GPS, teknologi ini bisa mengukur suhu dan kelembapan serta memantau setiap "guncangan" pada kontainer. Sensor tambahan ini bisa dihubungkan melalui Bluetooth jika dibutuhkan pelanggan.

Aplikasi seperti ini tentunya bisa meningkatkan efisiensi yang akan memangkas biaya dan waktu untuk bisnis Anda. Selain itu, emisi karbon juga akan berkurang karena importir bisa mengosongkan kontainer dan bisa langsung ke eksportir, tanpa perlu mengembalikannya ke depot terlebih dahulu.

 

Sama halnya dengan aplikasi dari Boksman yang memungkinkan Anda melakukan pelacakan pada kondisi kontainer. Jika kontainer impor dipakai roundtrip Anda tak perlu repot menghubungi pihak pelayaran. 

Respon yang cepat bisa meningkatkan layanan pelanggan secara penuh. Pelacakan GPS ini juga dilengkapi dengan sistem driving behaviour, data penjemputan, pengiriman, dan rute kendaraan. Dengan data ini, perusahaan peti kemas dapat memberikan ETA dengan lebih akurat kepada pelanggan, menunjukkan bukti pengiriman, dan lainnya.

Solusi kontainer yang canggih seperti ini bisa menawarkan fitur dan fungsionalitas yang dibutuhkan dalam pengelolaan kontainer, sambil memastikan untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, profitabilitas, dan tingkat layanan pelanggan di seluruh rantai pasokan secara global.

 

Baca Juga: Bagaimana Standar Euro 4 Bagi Truk di Indonesia? Simak Aturan Lengkapnya di Sini

 

Menurut survei dari Vimcar tahun 2019 membuktikan bahwa 45% dari perusahaan peti kemas yang menggunakan aplikasi ini mencapai ROI positif dalam waktu kurang dari 11 bulan. Data yang dikumpulkan dalam survei juga menunjukkan bahwa perusahaan yang belum berinvestasi dalam pelacakan armada kehilangan keunggulan yang kompetitif.

Sebab, sistem pelacakan truk bukan hanya menunjukkan lokasi kontainer secara real-time. Lebih dari itu, aplikasi ini bisa memberitahu Anda tentang peringatan khusus dan laporan riwayat rute. Semuanya tentu bisa membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik saat mengelola armada dan meningkatkan laba perusahaan.

 

Sumber:


tags

impor expor kontainer logistik Perusahaan peti kemas

newest

Angkutan Container