#BoksManAsia #BoksTheWorld #UnBoksYourThinking

Angkutan Container

TOS Nusantara, Sistem Terminal Petikemas yang Buat Bisnis Makin Lancar

BoksMan Asia

by BoksMan Asia 18 May 2022

25
TOS Nusantara, Sistem Terminal Petikemas yang Buat Bisnis Makin Lancar

Foto: canva.com

 

Jakarta, Boksman - Semakin berkembangnya tren teknologi, terutama di industri pelabuhan secara global berkembang pesat. Operator pelabuhan dituntut untuk bisa mengoptimalkan dukungan teknologi pada seluruh aspek kegiatan operasional. Wahyu Hardiyanto selaku Direktur Utama IPC TPK meluncurkan TOS Nusantara dan Single Billing di Area Tanjung Priok 1 Zona 1 Terminal 009.

Kehadiran sistem TOS Nusantara dan Single Billing, membuat seluruh kegiatan pelayanan operasional bisa tercatat dan termonitor dengan baik karena saling terintegrasi dengan biaya implementasi yang rendah. 

 

Baca Juga: Ini Penyebab dan Dampaknya Pada Perusahaan Logistik Jika Subsidi Solar Dicabut

 

“Pandemi Covid-19 yang telah terjadi 2 tahun terakhir ini mendorong akselerasi transformasi menuju pada digital teknologi karena adanya keterbatasan interaksi secara fisik. Tak terkecuali di pelabuhan, layanan TOS Nusantara dan Single Billing merupakan solusi untuk menciptakan terminal yang terintegrasi dan terpadu dengan pola operasi berbasis Planning and Control.

Sistem ini akan menjadi cikal-bakal Terminal Operating dan Single Billing System yang akan diterapkan menjadi standar di seluruh terminal petikemas yang ada di Indonesia.” ujar Wahyu Hardyanto pada acara Go-Live TOS Nusantara & Single Billing di Pelabuhan Tanjung Priok.

TOS Nusantara sendiri merupakan sistem yang dapat mendukung end-to-end layanan di terminal peti kemas dengan pola operasi yakni planning and control, dimulai dari Vessel Planning, Berth Planning, Yard Planning, dan Control Tower.

TOS Nusantara juga hadir dengan beberapa keunggulannya, seperti:

  • Implementasi solusi untuk beberapa site dalam satu sistem (multi-tenant)
  • Kemudahan tracing dan tracking cargo dalam terminal (cargo-visibility)
  • Operasi bisnis proses terminal dalam penyediaan pelayanan cargo/container (Terminal Optimizer) lebih optimal
  • Biaya investasi yang rendah dengan volume-based pricing dan cloud-based infrastructure (Low Investment
  • Kemudahan integrasi data dan system surrounding (Open for Integration)

Penerapan TOS Nusantara memang bisa membawa berbagai keuntungan. Mulai dari sisi terminal, hingga waktu perencanaan operasi yang menjadi lebih optimal dengan perencanaan kapal yang advance serta inti fungsionalitas yang mendukung layanan operasional pelabuhan. 

Untuk sisi pelanggan sendiri, seluruh data dan profil pelanggan dapat dikelola dengan sistematis. Sistem TOS juga siap diintegrasikan dengan sistem yang dimiliki pelanggan maupun environment lain.

Implementasi ini juga menjadi salah satu bagian dari agenda transformasi digital yang memang sedang digencarkan IPC TPK. Sebagai salah satu operator terminal peti kemas terbesar di Indonesia, saat ini IPC TPK sudah menuju sistematis yang terintegrasi.

 

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Truk Tronton dengan Truk Trailer

 

Bertempat di Area Tanjung Priok 1 Terminal 009, peresmian TOS Nusantara & Single Billing dilakukan oleh Direktur Utama IPC TPK Wahyu Hardiyanto dan dihadiri oleh Direktur Keuangan & SDM IPC TPK Irwan Favoriet, GM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Silo Santoso, Perwakilan Subholding Pelindo Terminal Petikemas Syaiful Amin dan manajemen IPC TPK.

Selaras dengan sistem TOS Nusantara, sistem-sistem pengaturan operasional petikemas memang dibutuhkan untuk membantu mengelola arus lalu lintas kargo dan kontainer, seperti sistem Boksman. Sistem Boksman juga dapat membantu Anda melakukan perencanaan loading kontainer, memantau posisi truk, memantau aktivitas supir dan memantau performa supir melalui aplikasi.

Adapun berbagai fitur yang ditawarkan sistem Boksman, yakni:

  • Truck Position Monitoring: monitoring posisi truk secara real-time.
  • Milestone Report: Anda dapat menarik laporan data berdasarkan perjalanan kontainer yang telah dilalui. Anda bisa melihat secara rinci data setiap perjalanan mulai dari supir, plat mobil truk, waktu tempuh, jarak, dsb.
  • Business Dashboard & Performance Monitoring: Analisis data dalam bentuk dashboard secara real-time.

 

Sumber:


tags

truk kontainer Terminal petikemas

newest

Angkutan Container