bisnis sewa gudang tidak terguncang virus corona

Banyak bisnis yang terdampak kerugian akibat pandemi virus corona di saat-saat seperti ini apalagi diberlakukannya PSBB oleh pemerintah dan semua kalangan masyarakat bekerja dari rumah. Diantaranya, sektor Perhotelan dan Pariwisata, Penerbangan, MICE (Meeting, Incentives, Conferences, Exhibitions), Bar dan Resto, Bioskop dan Konser, Mal dan Ritel, Olahraga, Otomotif, dan Bahan Bakar. Bisnis-bisnis tersebut terbilang “babak belur” akibat pandemi virus corona ini. Hal ini berbanding terbalik dengan bisnis jasa sewa gudang disektor logistik.Meski begitu, nyatanya tetap ada bisnis yang mampu menjaga kestabilan usahanya ditengah pandemi ini, bahkan kian menanjak keuntungannya. Kredit transportasi dan jasa sewa gudang juga terbilang masih mampu bertahan dengan sangat baik di tengah pandemi ini. Pasalnya, virus corona hingga kini berdampak pada perdagangan luar negeri, yang notabene tidak terlalu banyak debiturnya.

Sementara itu, debitur sektor transportasi dan pergudangan dalam negeri masih cukup optimis menunggu momentum perbaikan pada kuartal kedua tahun ini, terutama pada bulan Ramadhan ini. Oleh karena itu, kegiatan usaha debitur sektor ini masih cukup baik. Dilansir dari bisnis.com, Rektor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Ari Kuncoro, menyampaikan bahwa pandemi virus corona saat ini memang terbilang mengkhawatirkan. Namun, nyatanya pandangan negatif ini tidak begitu berdampak pada pemasukan kredit sektor ini. “Asal jangan ada lockdown, pertumbuhan ekonomi dan kredit sektor ini masih cukup baik,” imbuhnya.

Baca juga: Corona Virus: Inilah 6 Maskapai Indonesia Beralih Angkut Kargo

Selain itu, pelaku usaha mikro juga malah terdongkrak penjualannya akibat dari meningkatnya aktivitas belanja online dimasyarakat saat work from home. “Jadi, pelaku usaha kecil sudah mulai berpikir untuk menyewa gudang, ketimbang toko. Ini juga mendongkrak kredit,” tambahnya lagi.

Jadi, sangat jelas kondisi saat ini bukanlah penghalang bagi bisnis pergudangan. Terlebih lagi pada gudang sewa. Bisnis jasa sewa gudang terbilang menjanjikan, karena kebutuhan gudang saat ini bersumber dari e-commerce; sangat tergantung pada lokasi, titik distribusi, terdapat pula kebutuhan khusus gudang modern, yakni perihal kebutuhan efektivitas penyimpanan dan distribusi barang.