Angkutan Kontainer Pelabahuna, Ukuran KontainerAngkutan Kontainer Pelabuhan identik dengan pengiriman menggunakan peti kemas atau pengiriman kargo. Apa itu Kargo? Kargo merupakan kata benda (nomina) dengan pengertian muatan barang yang diangkut dengan kapal laut, pesawat udara, atau pengangkut lain. Kargo merupakan kata serapan yang berasal dari Bahasa Spanyol yaitu cargo. Kata ini mengacu pada barang yang diangkut untuk kepentingan komersial yang umumnya pengangkutan barang tersebut menggunakan kapal, kereta api, truk atau pesawat terbang.

Saat ini, peti kemas digunakan untuk transportasi kargo. Peti kemas merupakan peti atau kotak yang telah memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization for Standardization sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda pengangkutan, mulai dari moda jalan dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal peti kemas laut. (Source: Wikipedia)

Angkutan Kontainer Pelabuhan atau Truk Peti Kemas disebut juga truk kontainer adalah kendaraan pengangkut peti kemas terdiri dari kendaraan penarik (tractor head) dan kereta tempelan di mana peti kemas ditempatkan. Truk peti kemas adalah sebuah kendaraan berupa truk yang digunakan untuk mengangkut barang peti kemas dari suatu tempat asal ke tempat tujuan.

Keunggulan Peti Kemas

Trend angkutan kontainer pelabuhan dengan peti kemas meningkat dengan cepat karena intermodalitynya yang tinggi sehingga mempermudah bongkar-muat/handling dari barang yang mengakibatkan biaya angkutan secara keseluruhan menurun dengan drastis. Disamping itu keamanan dari barang juga lebih tinggi. Truk peti kemas ini terdiri dari dua bagian, yaitu : kendaraan penarik yang disebut tractor head dan kereta tempelan untuk menempatkan peti kemas.  Transportasi truk peti kemas sering disebut juga Truk Kontainer.

Salah satu keunggulan angkutan peti kemas adalah keantarmodaannya. Keantarmodaan itu mencakup peti kemas dapat diangkut dengan truk peti kemas, kereta api peti kemas, dan kapal peti kemas. Hal inilah yang menyebabkan peralihan angkutan barang umum menjadi angkutan barang dengan menggunakan peti kemas. Hal ini juga, terlihat pada pelabuhan-pelabuhan kecil yang sudah menunjukkan tren peralihan ke peti kemas karena kecepatan bongkar muat dan biaya yang lebih murah.

Baca Juga: Jenis-Jenis Truk dan Spesifikasinya

Peti Kemas menjadi hal penting dalam sektor maritim dan pengiriman barang yang sedang dalam masa transformasi/perubahan. Mulai dari digitalisasi hingga ketatnya undang-undang perlindungan lingkungan hingga perubahan dimensi peti kemas/kontainer, teknologi baru, perubahan peraturan, regulasi serta hal lain yang terus menerus ditambahkan dalam industri ini. Salah satu perubahan paling signifikan adalah saat pertama kali kargo kontainer diperkenalkan untuk mengurangi pengangkutan produk secara drastis.

Saat ini, berbagai macam dimensi kontainer yang berbeda digunakan sesuai dengan jenis kargo yang diangkut. Lebih dari 17 juta peti kemas dengan dimensi dan jenis yang berbeda digunakan secara global untuk membuat pengiriman menggunakan peti kemas menjadi metode pengangkutan paling efisien. Peti kemas tersebut telah memiliki sertifikasi ISO, yang berarti mereka digunakan dalam bisnis hanya saat mereka dibuat dan diuji sesuai spesifikasi yang disediakan oleh Organisasi Standarisasi Internasional (ISO) untuk memastikan bahwa barang yang diangkut layak untuk berbagai moda transportasi, misalnya menggunakan kapal, truk, atau kereta.

Bebarapa Ukuran Kontainer

Kontainer box 20 ft berstandar ISO adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan pada kapal ukuran besar maupun kecil. Kontainer box ini dapat mengangkut beban berat kotor maksimal 30.480 kg / 67.200 lbs untuk jenis kontainer dengan kegunaan umum.  Kontainer ini juga memiliki beban berat kotor hingga 45.000 kg / 99.207 lbs untuk flatrack (rak datar). Sedangkan untuk jenis kontainer berpendingin memiliki beban kerja sebesar 27.400 kg.

Dimensi kontainer box 40 ft memiliki volume dua kali lebih besar dibandingkan kontainer box 20 ft. Kontainer 40 ft juga lebih mahal 15-25% untuk biaya dari pada ukuran 20 ft. Hal ini membuat kontainer box 40 ft. menjadi kontainer dengan biaya paling efisien untuk pengiriman barang menggunakan kapal. Kontainer ini dapat menampung beban 30.480 kg untuk jenis kontainer kegunaan umum dan 60.000 kg untuk jenis kontainer rak datar. Sedangkan untuk jenis kontainer berpendingin dapat menampung beban 35.000 kg.

Kontainer dengan ukuran 45 ft memiliki kapasitas volume yang sedikit lebih besar daripada kontainer 40 ft. Kontainer ini juga memberikan ruang ekstra sehingga memberikan keuntungan kepada pengirim. Beban kerja kontainer 45 ft hampir sama dengan kontainer 40 ft.

Spesifikasi di atas adalah representasi dari kontainer box yang digunakan pada umumnya. Dimensi dan kapasitas spesifik kontainer box yang tidak berstandar ISO dapat berbeda bergantung dari perusahaan pembuat, umur, dan pemilik kontainer. Terdapat beberapa jenis kontainer dengan dimensi berbeda yang tersedia di pasaran. Banyak digunakan untuk pengangkutan jalan dan kereta api, dengan ukuran 8 ft, 10 ft, 53 ft, dan 60 ft.